Terbaru

Selasa, 21 April 2020

Dagangan Minuman Laris Manis, Es Gak Beres Segerrr Kali Bahh


Kemaren ada yang tanya, “Kota Kisaran letaknya di mana?”, ok deh untuk di awal ini kita akan infoin dulu. Jadi, di Provinsi Sumatera Utara ada Kabupaten Asahan. Sekitar 4 jam perjalanan via darat dari Kota Medan.

Nah, Kabupaten Asahan pusatnya ada di Kota Kisaran. Berasal dari kisah zaman dulu, kata leluhur, beberapa warga pernah ada yang ngeliat naga berkisar (melintas) di Sungai Asahan. Lalu, sejak dari itu dibuat jadi nama Kota Kisaran.

Yang artinya naga berkisar. Benar atau tidaknya, yaa itu cerita legenda rakyat di sini. Salah satu nama kelurahan ada yang diberi nama Kisaran Naga. Kalo keadaan sudah membaik, nggak ada lagi wabah Virus Corona, kawan-kawan boleh main-main ke sini. Insya Allah, DaynFrame siap jadi tuan ramah yang asik.

sumber gambar : instagram/esgakberes

Es Gak Beres

Sudah hampir setahun ini, ada yang lagi viral di Kota Kisaran. Pembelinya super rame, cuma Rp 5.000 bisa bikin seger. Es Gak Beres, usaha dagangan minuman yang dimiliki Bang Yudi ini memang luar biasa. Outletnya sangat sederhana, letaknya di pinggir Jalan Madong Lubis, Kelurahan Mutiara, Kecamatan Kisaran Timur.

Masih berada di pusat kota, sangat strategis posisi berjualannya. Apalagi di jalan Madong Lubis itu banyak sekolah-sekolah. Ada perguruan Muhammadiyah Kisaran, SMAN 1 Kisaran, Sekolah Swasta Daerah, dan lain-lain.

Nah, otomatis punya banyak murid. Siswa-siswinya bisa mudah beli Es Gak Beres, tinggal jalan  kaki beberapa meter aja, udah dapat yang seger-seger. Karena lokasinya juga di salah satu jalan protokol, orang-orang yang lewat bisa singgah deh.

Strategi bisnis yang harus dilakuin biar dagangan cepat laris. Pilih lokasi yang rame atau banyak orangnya. Sepanjang jalan Madong Lubis itu memang banyak orang yang berjualan, karena di belakangnya ada stadion sepak bola. Tapi kadang-kadang juga dipakek untuk konser band-band terkenal dari Jakarta.

Es Gak Beres mulai berdagang waktu Ramadhan 2019. Resminya dibulan Juni 2019, modal awal 1juta. Waktu itu ada 3 varian. Tapi kalo sekarang udah ada 40 rasa, mangga, blueberry, melon, orange, sirsak, leci, stroberry, guava, anggur, lemon, jeruk nipis, avocado, coklat, cappuccino, creamy latte, green tea, choco oreo, red velvet, tiramisu, dan lain-lain.
sumber gambar : instagram/esgakberes
Toppingnya bisa rekues, mau pakek jelly atau yang lagi ngehits boba. Pembeli bisa datang langsung ke outlet-outlet resmi Es Gak Beres, salah satunya ada di Super Market Irian di Jalan Imam Bonjol. Semenjak mulai jualan langsung laris, salah satu faktornya karena harga yang dibandrol sangat murah, goceng.

Karena pembeli selalu kehabisan, “Wiii cepet kali abisnya, gak beres ini”, kurang lebih gitu kata orang-orang yang kedapatan. Justru jadi ide untuk merek dagangan. Bang Yudi sebagai pemilik langsung ngeresmikan namanya Es Gak Beres.

Kalo malas keluar rumah, bisa juga order ke nomor 0822-7642-3631, atau dari layanan Go-Food. Walaupun belum genap setahun, usaha Es Gak Beres ini udah punya 300 cabang lhoh, bahkan ada yang di luar Sumatera Utara, yaitu Aceh dan Riau. Karena outletnya udah banyak, es yang terjual bisa 100-800 porsi perhari. Hmmm, laris manis.
sumber gambar : instagram/esgakberes
Untuk di pusat ada 17 orang karyawan. Bagian gudang bahan baku, karyawan outlet sekitar 2-4 orang. Jumlahnya banyak karena pembeli rame, jadi bisa cepat terlayani. Di awal mulai usaha dulu, Bang Yudi langsung yang melayani.

Tantangan Es Gak Beres

Nah, waktu masih merintis dagangan Bang Yudi ini sempat ngadepin tantangan. Bisnisnya ini sempat dibully dan ketewain netijen, mulai dari nama, rasa, dan lain-lain. Menyerah? Tentu nggak dong, justru makin semangat.

Pertama-tama Bang Yudi berpikir dan mencari letak kesalahan dari bisninya. Kritikan dari netijen salah satu yang jadi acuan, untuk memperbaiki agar nggak keulang lagi. Belajar resep-resep minuman dan langsung praktekin sampe tengah malam.

Walaupun netijen banyak yang ngebully, tapi Bang Yudi yakin bisnis ini pasti bisa sukses. Keesokan harinya langsung berjualan lagi. Dengan resep yang baru, tapi mereknya tetep dipertahankan. Daaaan, iyes, bener-bener berhasil.

Jadi deh “Es Gak Beres, Seger Kali Bahhh”. Pembaca sekalian kalo mau buka usaha kuliner nggak boleh pantang menyerah, kayak Bang Yudi. Kalo ada kritikan jadikan itu masukan untuk pondasi ngembangin usaha. Seandainya Bang Yudi waktu itu menyerah, lhah, di Kisaran nggak akan ada minuman lokal yang ngehits kayak sekarang.

Harapan Untuk Masa Depan

Alhamdulillah sudah punya 300 cabang. Tapi, Bang Yudi masih ingin mengembangkan usahanya ke provinsi-provinsi lain.

Bagi yang berminat buka usaha Es Gak Beres, bisa join ke Bang Yudi. Terbuka untuk umum, dengan cara Franchise dengan modal 7-9juta. Dengan dana itu mitra bisnis akan dapat bahan baku, branding, peralatan dan training. Perlu adanya training untuk menjaga kualitas rasa dari produk yang dijual.

Mitra bisnis nggak perlu repot nyiapuin perlengkapannya. Karena semua yang dibutuhin udah sepaketan disiapin oleh tim Es Gak Beres. Tertarik? Langsung hubungi yang di atas yaa… Selamat mencoba, Es Gak Beres, Seger Kali Bahh.

23 komentar:

  1. Bahh. Hebat kali nih Bang Yudi. Modal 1jt dan bully an netijen bisa jadi 300 cabang. Daynframe makin keren nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wirausahawan sejati...nggk boleh nyerah

      Hapus
  2. Aku kayak baca cerpen yah: Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Es Gak Beres.

    Ini semua nyata kah? Hahahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyata dung....yokk bang jalan-jalan ke Kisaran.
      kalo Virus Corona udh nggak ada

      Hapus
  3. Es gak beres ya? Untung aku beres eh.. hehe
    Emang usaha kalo niat sih ya beres n sukses yak hehe

    BalasHapus
  4. Penasaran.... Pengen nyobaaaiin es nya 😅😅😅

    BalasHapus
  5. Lucu banget namanya hihi, es gak beres. Jadi penasaran rasanya gimana

    BalasHapus
  6. Aku awal bacanya "es garbes" aka es blewah kalau di Nganjuk sini 🙈

    BalasHapus
  7. Untuk jadi franchise gmn bg?serius nanya bg.bs bagi cp nya.trims

    BalasHapus
  8. Minta no wa bg. Aq tunggu di wa aq y 081365617249. Aq dpadang lawas. Mau join

    BalasHapus
  9. Bg gimana cara nya untuk join?

    BalasHapus
  10. Gak jelas mau bergabung tapi gak ada nomor atau penjelas hanya hubungi yang di atas

    BalasHapus
  11. Klu saya mau gabung join,berapa ya..

    BalasHapus
  12. Klu Sistim franchisenya berapa ya

    BalasHapus
  13. Join bagaimana,bisa minta no wa nya??

    BalasHapus
  14. Saya di pekanbaru n klo mau joint apkh lansung ke bang yudi juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info nya bang yudi klo mau gabung

      Hapus
    2. Saya mau buka usaha es ga beres,caranya gimana?

      Hapus
  15. Kalau saya mau join, takut nya penipuan pula

    BalasHapus
  16. Kalau kita minat gmna cara nya bos

    BalasHapus
  17. Maaf mas kalau sya ingin buka usaha es gx beres ,caranya bgaimna mas

    BalasHapus