Terbaru

Kamis, 19 Maret 2020

Bisnis Kuliner Rumahan Yang Wajib Dicoba


sumber gambar : Abar Mie Pangsit Ayam
Berbagai kalangan bisa suka dengan jenis makanan yang satu ini, peminatnya bisa ketagihan dalam sekali mencicipi. Dengan kuah yang masih panas, dicampur dengan potongan-potongan ayam, bumbu khas. Sedaaappp…

Bisa dinikmati dengan durasi waktu sesuka hati. Yups, makanan ini sangat mudah untuk didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk sarapan, makan siang, malam, atau sekedar cemilan bebas mengkonsumsinya.

Identik dengan makanan pokok warga Indonesia, walaupun buka nasi tapi tetap bisa mengenyangkan lhoh. Makin penasaran? Hehe, daripada lama-lama kuyy kenalan sama Abar Mie Pangsit Ayam. Dijual secara online oleh Kak Ria Wardhani.

Sesuai menunya yaitu mie pangsit ayam, harganya super terjangkau cuma Rp 10.000 /porsi. Murah kan? Tapi jangan khawatir kualitas tetap terbaik. Kak Ria ini baru saja memulai usahanya dibulan Maret 2020. Dengan alasan untuk di Kota Kisaran, Sumatera Utara ini penjual mie pangsit belum begitu banyak.

Nah, ini salah satu tips bagi kawan-kawan yang mau membuka usaha baru. Coba cari di sekitar tempat tinggal yang produk atau jasa yang masih sedikit penjualnya. Karena keunikan itu memang menjadi hal utama dalam memperkenalkan usaha kita.

Apalagi jika bisa membuat hal-hal yang baru / belum pernah ada sama sekali yang menjual, tetapi banyak peminatnya. Maka, peluang berjualan akan semakin besar. Alhamdulillah, kali ini Kak Ria mau berbagi info mengenai usaha mie pangsit miliknya. Satu persatu akan dibahas di sini. Simak terus yaa…

Kalo bicara modal, apa yang pertama dipikirkan? Mahal? Kebanyakan orang-orang memang takut dan jadinya ragu-ragu untuk memulai suatu bisnis. Di daynframe.blogspot.com akan membahas usaha yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Salah satunya dengan adanya modal yang kecil. Tidak akan sampai membuat dompet menipis.

Untuk membuka usaha Abar Mie Ayam Pangsit ini, Kak Ria hanya mengeluarkan uang Rp 200.000. Kawan-kawan yang punya keinginan untuk memulai bisnis ini, terutama adek-adek yang masing sekolah bisa perlahan mengumpulkan uang dengan cara menabung. Dengan begitu, kita udah bisa punya bisnis sendiri.

Apa Saja Bahan Yang Diperlukan?

Setelah mengumpulkan modal, langkah berikutnya adalah belanja bahan-bahan yang dibutuhkan, untuk meracik mie pangsit ayam. Kuyy dicatat biar nggak lupa, Hehe....

1. Mie pangsit
2. Daging ayam
3. Cabe, bawang, tomat, sawi
4. Telur
5. Kecap 
6. Saus tomat.

Bahan-bahan ini termasuk bumbu yang sering kita temui dan gunakan sehari-hari. Nah, bisa dibeli di warung terdekat dengan rumah. Kalo belanjanya di warung, selain bisa menghemat ongkos dan murah pastinya, kita bisa membantu tetangga mendapatkan penghasilan dari bahan-bahan yang kita belanjakan.
sumber gambar : Ria Wardhani

Cara Jualannya Gimana?

Kak Ria saat ini menerapkan sistem online. Pemasaran Abar Mie Ayam Pangsit ini melalui jaringan media sosial. Anak muda zaman sekarangkan memang maunya serba praktis dan cepat, dan nggak bisa lepas dari yang namanya smarthphone.

Ini bisa dimanfaatkan bagi kalian (baca : bos-bos muda) yang ingin memulai bisnis. Jaringan internet memang besar dampaknya dan sangat menguntungkan. Sekarang ini setiap orang memiliki akun media sosial yang bisa dijadikan pembeli.

Facebook dan Instagram adalah media yang dipakai Kak Ria untuk mempromosikan usaha Abar Mie Ayam Pangsit. Rincian orderan bisa ngobrol-ngobrol santuy di nomor WhatsApp 0822-7754-3752. Dan info tambahan untuk kawan-kawan, Kak Ria selain mengelola bisnis kuliner juga jago desain lhoh.

Nah salah satu trik menarik minat pembeli, Kak Ria memberikan bonus es teh manis. Harga mienya murah, hanya Rp 10.000 per porsi, gratis ongkir untuk Kota Kisaran dan ada bonus juga. Itu yang membuat usaha ini jadi unik.

Tantangan dan Hambatan?

Usaha ini masih merintis, dan memang belum genap sebulan. Pasti ada yang namanya halangan dan rintangan yang menjadi beban pikiran. Tapi, itu semua termasuk proses yang harus dijalani, biar ke depannya kawan-kawan semua bisa memiliki bisnis yang sukses. Aamiin.

Usaha Abar Mie Pangsit Ayam dikelola oleh Kar Ria dan suami. Mereka belum memiliki karyawan, makanya ini yang membuat prosesnya agak berat. Karena saat orderan lagi rame (Alhamdulillah), Kak Ria harus ekstra cepat dalam menyajikan makanan, agar pembeli tidak menunggu terlalu lama.

Karena penjualan online, mie pangsit ayam langsung di antar. Bisa COD’n (Cash On Delivery). 
Makanan dijamin masih hangat dan sedap untuk disantap. Karena belum ada karyawan, suami dari Kak Ria yang akan mengantar setiap pesanan langsung ke depan rumah pembeli.

Target Yang Ingin Dicapai

Dari penjualan mie ayam pangsit ini bisa mendapatkan keuntungan Rp 50.000 per hari. Untuk ke depannya Kak Ria ingin mengembangan usaha Abar Mie Pangsit Ayam ini, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan yang banyak untuk warga Kota Kisaran. Rencananya mau membuka warung, tapi sistem online juga tetap dijalankan, agar bisa menjangkau segala kalangan.

Gimana? Tertarik ingin membuka usaha mie pangsit ayam. Dari langkah-langkah di atas cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi modalnya terjangkau sekali. Bahan-bahannya juga mudah untuk didapatkan. Terakhir, semoga usaha yang sedang dirintis Kak Ria dan kawan-kawan semua bisa semakin maju dan berkah. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar