Terbaru

Selasa, 24 Maret 2020

Ayam Penyet Pelangi, Sedap Dilidah Indah Dipandang

sumber gambar : Vera Nindya Sari
Bermula dari keisengan, Kak Vera Nindya Sari membuat beberapa porsi ayam penyet kepada teman-teman, tempat ia bekerja. Awalnya hanya memesan sebanyak 8 porsi, dengan modal pada saat itu. 

Rp 100.000. Respon yang didapat sangat bagus, rasa enak dan keunikan menjadi cirri khas dari usaha Ayam Penyet Pelangi ini.

Rekan-rekan kerja Kak Vera sangat menyukai, akhirnya ketagihan untuk nyoba lagi. Jumlah pesanan pun bertambah menjadi 30 porsi. Ini peluang yang sangat menguntungkan, dari hal itu tercetus ide untuk membuka usaha ini untuk masyarakat umum.

Kini Ayam Penyet Pelangi dikelola oleh Kak Vera dan calon suaminya. Sekedar info, sebentar lagi mereka mau menikah lhoh, do’ain yaa semoga segala urusannya dipermudah, dan nantinya jadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warohmah. Aamiin.

sumber gambar : Vera Nindya Sari
Kembali ngebahas makanan yang lagi ngehits di Kota Kisaran ini. Usaha kuliner ini masih baru lhoh, kalo anak-anak sekarang lagi imut-imutnya. Baru dibuka bulan Februari 2020. Yaa, seperti kisah yang dijelain di atas. Hanya berawal keisengan, sekarang bisa mendapat keuntungan.

Dalam sehari bisa terjual sampai 20 porsi maksimal. Tapi terkadang bisa lebih, karena beberapa pelanggan ada yang memesan dalam jumlah besar. Biasanya jika mengadakan acara syukuran, atau yang lainnya. Selain bisa menikmati Ayam Penyet Pelangi, pembeli juga bisa beramal.

Ko’ Bisa? Bisa dong. Kak Vera mengajak para pelangganya untuk bersedekah dalam bentuk sebungkus nasi Ayam Penyet Pelangi dan akan diberikan kepada orang atau lembaga yang diinginkan oleh si pembeli.

Caranya? Kita bisa memesan sesuai porsi yang diinginkan melalui nomor WhatsApp 0812-8513-1808, atau juga ada akun media sosialnya di Facebook atau Instagram. Setelah itu, infokan ke Kak Vera ingin diberikan kepada perorangan atau lembaga tertentu. Misalnya anak yatim yang tinggal di lingkungan sekitar, panti asuhan, masjid, dan lain-lain.

Nah, nanti Kak Vera akan mendatanya secara lengkap, dan dilaksanakan sesuai amanah yang diberikan. Nggak perlu khawatir, pesanan akan diberikan sesuai jumlah dan tujuan yang telah diinfokan. Kegiatan ini bisa dilakukan kapan saja, sesuai permintaan pembeli. Terutama di hari Jum’at yang penuh berkah.

Semoga, semua orang yang terlibat dalam kegiatan bersedekah itu, diberikan keberkahan dan pahala yang tiada hentinya dari Allah Subhana Wa Ta’ala. Aamiin. Usaha ini tergolong unik, dari namanya aja, Ayam Penyet Pelangi. Ini ada alasan, Kak Vera memilih nama tersebut.

Karena, secara penampilan memang lain daripada yang lain. Biasanya makanan ayam penyet dijual dengan nasi putih, ayam goreng, sayur lalapan, dan lain-lain. Nah, Kak Vera bikin usahanya berinovasi. Sambal  utama yang dipakek itu dari cabe hijau bukan merah.

Lalu, nasinya juga bervariasi. Ada nasi kuning yang dibuat dari bahan alami, dijamin menyehatkan. Warna kuning berasal dari rempah-rempah asli yang diracik di dapur Kak Vera. Salah satunya dari kunyit, makanya ini halal untuk dikonsumsi.

Adanya daun seledri, tempe dan terong goring tepung, ayam goreng, nasi kuning, sedikit sambal merah di atasnya. Ini kombinasi yang pas, untuk menimbulkan kesan pelangi. Sedap Dilidah, Indah Dipandang. Itu selogan dari usaha Ayam Penyet Pelangi ini.

Tampilannya yang cantik dan rasanya yang enak, pastinya murah, cuma Rp 13.000. Bener-bener puas dengan yang disajikan Ayam Penyet Pelangi. Bisa mengenyangkan, terus dapat pahala kalo mau ikut kegiatan bersedkah.

Resep-resep Ayam Penyet Pelangi

Kak Vera saat ini berstatus seorang karyawan. Nah, sebelum berangkat kerja, setiap hari dan pagi-pagi harus berbelanja bahan-bahan yang diperlukan. Ini bukti, bahwa semua yang digunakan masih segar, dan baru.

Sekarang kita mau ngebahas bahan-bahan untuk ngebuat makanan yang sedap ini. Mari disimak .....
  1. Beras
  2. Ayam
  3. Rempah-rempah
  4. Seledri
  5. Tahu dan tempe
  6. Terong
  7. Cabe, bawang, minyak goreng
  8. Timun
  9. Dan lain-lain.

Walaupun baru sebulan dibuka, tapi usahanya udah laris manis. Sampe-sampe Kak Vera dan karyawannya kewalahan nerima pesanan. Sekali pengantaran bisa sampai 15 bungkus, ini yang menjadi salah satu tantang dalam menjalankan usahanya.

Walaupun ada 2 orang karyawan yang ngebantu. Bagian dapur untuk memasak, dan 1 lagi untuk mengantar pesanan. Tetap aja Kak Vera masih merasa kerepotan. Banyaknya pesanan mengharuskan untuk menambah karyawan, agar pesanan bisa dijangkau lebih luas, dan cepat sampai ke pembeli.

Rencananya Kak Vera juga mau membuka warung dan beberapa cabang di dalam dan luar kota. Agar semakin banyak orang-orang yang bisa menikmati Ayam Penyet Pelangi, Sedap Dilidah Indah Dipandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar